adatradisi.xyz adalah sebuah blog pribadi yang memuat kebudayaan yang ada di Nusantara yang bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya masyarakat indonesia, dan juga untuk melestarikan Kebudayaan, Adat Istiadat yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

10 Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Alat Musik Tradisional Jawa Barat -- Jawa Barat merupakan provinsi yang terletak di Pulau Jawa yang memiliki keindahan alam dan Udara yang cukup sejuk, jawa barat juga memiliki kebudayaan dan tradisi yang wajib untuk kita lestarikan bersama karena kebudayaan tersebut merupakan warisan leluhur yang pada sekarang ini mulai tergerus oleh perkembangan zaman sehingga tidak sedikit orang yang tidak mengetahui kebudayaan dan tradisi yang ada di daerah Jawa Barat. Salah satunya adalah Alat Musik Tradisional Jawa Barat yang pada saat ini sudah mulai tergerus oleh zaman, bahkan pada saat ini tidak sedikit orang yang tidak mengetahui Alat musik Tradisional Jawa Barat.
Dalam rangka melestarikan Alat Musik Tradisional Jawa Barat ini Adat-Budaya akan mencoba mengumpulkan beberapa Alat Musik Tradisional Jawa Barat.

 

 

1. Alat Musik Tradisional Jawa Barat --- Tarawangsa

Tarawangsa merupakan Alat Musik Tradisional yang berasal dari Jawa Barat, alat Musik Tradisional Jawa Barat ini dimainkan dengan cara digesek dan bentuknya hampir menyerupai Rebana, akan tetapi menurut beberapa sumber Tarawangsa ini merupakan alat musik yang keberadaan nya lebih tua jika dibandingkan dengan Rebana karena Tarawangsa ini telah disebutkan dalam naskah kuno pada abad ke 18 sewaka Darma.
Tarawangsa
Alat Musik Tradisional Jawa Barat terawangsa ini dapat kita temui di Wilayah Jawa Barat dan Banten yaitu di Jawa Barat ( daerah Rancakalong (Sumedang), Cibalong dan Cipatujah (Tasikmalaya), Banjaran (Bandung), dan Kanekes (Banten)). Alat musik Tradisional Jawa Barat ini terdiri dari dua dawai akan tetapi hanya satu dawai saja yang dibunyikan dengan cara di gesek, untuk dawai yang satunya dibunyikan dengan cara dipetik dengan jari telunjuk tangan kiri. akan tetapi pada saat ini sangat sulit sekali untuk menemukan Alat Musik Tradisional Jawa Barat yang satu ini karena sudah mulai tergerus oleh teknologi dan alat musik Modern yang saat ini semakin berkembang pesat.

 

2. Alat Musik Tradisional Jawa Barat --- Karinding

Karinding
Karinding adalah salah satu Alat Musik Tradisional Jawa Barat yang terbuat dari Pelepah Aren (Kawung), akan tetapi di sebagian daerah ada juga yang terbuat dari Bambu, Alat Musik Tradisional Jawa Barat ini berasal dari beberapa tempat di Jawa Barat yaitu Citamiang, Pasir Mukti, Tasikmalaya, Malangbong, dan Cikalong Kulon (cianjur), Alat Musik Tradisional Jawa Barat ini terbilang cukup unik karena selain dari asal daerah Pembuatan karinding, ternyata bahan pembuatan Karinding pun menentukan untuk siapa karinding itu dibuat, contoh nya untuk karinding yang terbuat dari Bambu karinding tersebut dimainkan oleh Perempuan, bentuknya sedikit kecil dan memanjang, dan untuk karinding yang terbuat dari Pelepah Pohon aren (Pohon Kawung) di mainkan oleh Pria, bentuk nya lebih pendek jika dibandingkan dengan Karinding yang terbuat dari bambu hal ini bertujuan agar mempermudah dalam penyimpanan Karinding itu sendiri, karinding memiliki tiga ruas yang berfungsi sebagai penghasil suara.
Cara memainkan Alat Musik Tradisional Jawa Barat ini terbilang cukup unik yaitu dengan mendekatkan karinding tersebut ke mulut kemudian salah satu bagian sisi yang tumpul di pukul dengan jari sehingga akan menimbulkan getaran yang mengeluarkan nada yang khas.


 

3. Alat Musik Tradisional Jawa Barat --- Jentreng 

Jentreng
Alat Musik Tradisional Jawa Barat lain nya adalah Jentreng, Jentreng ini merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, alat musik ini hampir menyerupai Kecapi akan tetapi Jentreng ini hanya memiliki 7 Senar, alat musik ini terbuat dari kayu yang kebanyakan terbuat dari jenis kayu Kenanga, Kayu nangka dan kayu Kembang, akan tetapi Alat Musik Tradisional Jawa Barat yang satu ini keberadaan nya sudah sangat sulit untuk ditemukan karena sudah sedikit sekali orang yang memainkan Alat Musik Tradisional Jawa Barat yang satu ini.

 

4. Alat Musik Tradisional Jawa Barat --- Angklung 

Angklung
Alat musik Tradisional Jawa Barat yang satu ini bernama Angklung, Angklung ini terbuat dari Bambu yang dibunyikan dengan cara digoyang, benturan antara Bambu akan menghasilkan bunyi yang akan menghasilkan suara tertentu, tergantung dari besarnya bambu. Alat Musik Tradisional Jawa Bara
t yang satu ini diperkirakan mulai digunakan sejak zaman Neolithikum yang berkembang di Indonesia khususnya daerah Jawa Barat sdampai awal penanggalan Modern, sehingga Angklung ini merupakan bagian dari relik pra-Hinduisme dalam kebudayaan Nusantara, namun menurut beberapa catatan Angklung ini ada pada masa kerajaan Sunda yaitu pada abad ke 12 - 16.
Alat Musik Tradisional Jawa Barat ini merupakan salah satu alat musik Tradisional yang sudah mendunia, hal ini terbukti dari adanya pertunjukan yang dilakukan oleh para seniman Indonesia di beberapa Negara bahkan pada saat ini di Daerah Bandung telah ada suatu sanggar Angklung yang memberikan pengetahuan dan  cara untuk memainkan Angklung, sanggar ini dinamakan dengan "Saung Angklung Mang Udjo"

 

5. Alat Musik tradisional Jawa Barat --- Kecapi

Kecapi
Alat musik Tradisional Jawa Barat yang bernama Kecapi ini merupakan alat Alat Musik Tradisional yang dimaikan dengan cara dipetik, pada saat ini kecapi masih dapat dan mudah kita temukan karena kecapi ini merupakan salah satu bagian alat musik utama dalam Tembang Sunda atau yang sering kita sebut sebagai tembang Cianjuran (Kecapi Suling), menurut fungsinya kecapi ini dibedakan kedalam dua yaitu Kecapi Indung dan Kecapi Rincik, Kecapi Rincik merupakan kecapi yang berfungsi sebagi melody sedangkan Kecapi induk memiliki fungsi sebagai Bass. biasanya penggunaan alat Musik Jawa Barat ini dipadukan dengan Suling Bambu, dan pada saat ini kecapi sering di mainkan pada acara-acara pernikahan atau event-event kebudayaan.

 

6. Alat Musik Tradisional Jawa Barat --- Calung

Calung
Sama dengan Angklung Alat Musik Tradisional Jawa Barat ini merupakan alat musik yang terbuat dari Bambu, bedanya Alat Musik Tradisional Calung dirangkai dengan cara disusun  berjajar mulai dari ruas bambu yang memiliki nada tertinggi ke bambu yang memiliki nada terendah, Calung ini dimainkan dengan cara di pukul dengan menggunakan sepotong kayu. Alat Musik Tradisional Jawa Barat ini biasa nya terbuat dari Bambu Hitam (Awi Wulung) yang memiliki ruas yang kuat dan memiliki lapisan kulit yang hitam dan mengkilap namun ada juga yang terbuat dari  Bambu Tamiang yang memiliki ruas panjang.
Alat Musik Tradisional Jawa Barat ini dapat dibedakan menjadi dua yaitu Calung Rantay dan Calung Jinjing, pada Calung Rantay bilah Ruas Bambu nya dideretkan dengan kulit waru (Lulub) dari mulai yang memiliki ukuran paling besar hingga yang terkecil, jumlah nya biasanya paling sedikit 7 Buah ruas Bambu. dan untuk Calung Jinjing Ruas bambu di deretkan dan disatukan dengan menggunakan sebilah bambu kecil atau panjir.

7. Alat Musik Tradisional Jawa Barat --- Arumba

Arumba
Sama seperti angklung dan Calung, Arumba juga merupakan Alat musik Tradisional yang terbuat dari Bambu, Nama Arumba ini sebenarnya merupakan singkatan dari "Alunan Rumpun Bambu"dan pada awalnya Alat Musik Tradisional Jawa Barat ini menggunakan Pentatonis sebagai tangga nada yang ia hasilkan, namun pada saat ini arumba telah menggunakan nada diatonis.

 

8. Alat Musik Tradisional Jawa Barat --- Celempung 

Alat Musik Celempung
Satu lagi Alat Musik Tradisional Jawa Barat yang menggunakan bahan Bambu yaitu Celempung, Alat Musik Tradisional Jawa Barat ini terbuat dari Hinis Bambu (Kulit Bambu Bagian Luar) yang dimainkan dengan cara dipukul, pukulan pada Hinis bambu ini akan menghasilkan resonansi (getaran) yang menghasilkan bunyi, cara untuk memainkan celempung ini dilakukan dengan tangan kanan digunakan untuk memukul dan tangan kiri digunakan sebagai pengatur besar kecilnya suara yang keluar dari badan celempung, untuk suara tinggi di peroleh dengan membuka lebar badan celempung dan suara rendah diperoleh dengan menutup rapat lubang celempung, suara yang dihasikan celempung dapat beragam tergantung kelihaian pemain celempung itu sendiri.

 

9. Alat Musik Tradisional Jawa Barat --- Suling  

Suling merupakan Alat Musik Tradisional Jawa Barat yang paling sering digunakan, karena Suling ini merupakan alat musik yang tidak terpisahkan dari kecapi bahkan kebanyakan masyarakat Jawa Barat menyebut nya dengan "Kecapi Suling", Suling merupakan alat musik tiup yang terbuat dari Bambu yang memiliki ruas yang panjang biasanya yang digunakan adalah Bambu Tamiang. Suling ini ada yang memiliki 4 lubang suara dan 6 lubang suara.

Suling Sunda
Rebab

 

10. Alat Musik Tradisional Jawa Barat --- Rebab

Rebab adalah alat musik Tradisional Jawa Barat yang dimainkan dengan cara digesek, rebeb ini memiliki dua buah senar dan badan rebab sendri terbuat dari kayu yang dibuat rongga dan untuk menggetarkan suaranya di gunakan kulit tipis sehingga akan menghasilkan nada Pentatonis .









Nahhh ....Demikian lah 10 Alat Musik Tradisional Jawa Barat yang berhasil saya kumpulkan, marilah kita bersama-sama untuk melestarikan Warisan Leluhur dan kebudayaan-kebudayaan yang ada di  Indonesia Khusus nya di Jawa Barat, agar warisan kebudayaan dan tradisi tersebut tidak punah dan hilang di telan era globalisasi.









3 Komentar untuk "10 Alat Musik Tradisional Jawa Barat"

Thanks for sharing your info. I really appreciate your efforts and I will be waiting for your next write ups thank you once again. paypal login my account


I have been surfing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my opinion, if all webmasters and bloggers made good content as you did, the web will be much more useful than ever before. paypal account login

The maximum amortization in Canada is two-and-a-half decades on down payments under 20%. canadian mortgage calculator Achieving your homeownership goals is really a lot simpler with Loanplicity plus a. canada mortgage calculator

Back To Top