adatradisi.xyz adalah sebuah blog pribadi yang memuat kebudayaan yang ada di Nusantara yang bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya masyarakat indonesia, dan juga untuk melestarikan Kebudayaan, Adat Istiadat yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Tari Topeng Cirebon

Tari Topeng Cirebon |adat-budaya| ~ Tari Topeng sesuai dengan namanya merupakan sebuah tari Tradisional yang menggunakan topeng sebagai salah satu propertinya dan  salah satu tari topeng yang terkenal yaitu Tari Topeng yang berasal dari daerah Jawa Barat tepatnya adalah dari daerah Cirebon, Tari Topeng Cirebon ini merupakan jenis tarian Asli dari daerah cirebon. tarian ini dinamakan sebagai tari Topeng Cirebon karena penarinya mengenakan Topeng di saat menari.

Di dunia ini khususnya di Negara Indonesia ini terdapat banyak sekali jenis-jenis tari Topeng, karena penggunaan topeng dalam tarian ini diyakini bahwa topeng ini sangat berkaitan erat dengan Roh-roh leluhur yang dianggap sebagai Interpretasi dari dewa dewa. berikut ini merupakan beberapa jenis-jenis tari topeng yang ada di indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Tari Topeng Dayak.
  2. Tari Topeng Bali.
  3. Tari Topeng Cirebon.
  4. Tari Topeng Malang.
  5. Tari Topeng Reog.
  6. Tari Topeng Ireng.
Pada kesempatan kali ini adat-budaya akan sedikit membahas tentang Tari Topeng Tarian Khas Cirebon yang berasal dari daerah jawa barat, untuk lebih jelasnya kita langsung simak dibawah ini.

Tari Topeng Cirebon

Tari topeng Cirebon merupakan saah satu tarian yang berasal dari daerah kesultanan Cirebon, tarian topeng ini diyakini sebagai gambaran dari para leluhur, dan menurut Thomas Stamford Raffles dalam bukunya yang berjudul The History Of Java  menyebutkan bahwa Tari topeng ini merupakan penjabaran dari cerita panji dimana dalam suatu kelompok kesenian tari topeng terdiri dari dalang (orang yang mendeskripsikan cerita) dan beberapa penari yang menggenakan topeng yang berperan sebagai wayang nya. dengan diiringi alunan musik gamelan. 


Tari Topeng Cirebon
Tari Topeng Cirebon

Tari Topeng Cirebon ini  Dalam perkembangannya memiliki beberapa tujuan penyelenggaraan yang dibagi kedalam tiga tujuan Penyelenggaran pagelaran tari Topeng diantaranya adalah Pagelaran Komunal, Pagelaran Individual, dan pagelaran Bebarengan. dengan Penjelasan sebagai berikut :

1. Tujuan Penyelenggaraan Pagelaran Tari Topeng Komunal.

Pagelaran Komunal ini merupakan acara pagelaran yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat, jadi seluruh masyarakat ikut terlibat dalam pagelaran Tari Topeng Komunal ini, acara Tari Topeng komunal ini dilaksanakan sangat meriah karena melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan juga adanya arak-arakan dalang, dan juga atraksi seni yang digelar semalam suntuk. Acara Pagelaran Komunal ini biasanya dilakukan pada acara hajatan desa, ngarot kasinoman dan Ngunjungan, dan acara-acara lainnya.

2. Tujuan Penyelenggaraan Pagelaran Tari Topeng Individual.

Tujuan Diselenggarkan nya Tari topeng pagelaran Individual ini adalah untuk memeriahkan dan untuk menyajikan tontonan kepada tamu pada acara Individual seperti Hajatan Pernikahan, Khitanan, atau Khaulan.

3. Tujuan Penyelenggaraan Pagelaran Tari Topeng Bebarangan

Pagelaran Tari Topeng bebarangan ini dilakukan oleh dalang dengan mengelilingi kampung, yang biasanya dilakukan keliling di wilayah kampung-kampung yang talah melakukan panen raya atau bisa juga di wilayah kampung yang sangat ramai. disamping intu juga Pagelaran Bebarangan ini dilakukan pada daerah yang mengalami Kekeringan atau daerah yang sedang sepi penduduknya sehingga pendduduk tersebut merasa terhibur dengan adanya pagelaran Tari Topeng tersebut.

Dalam Perkembangannya Tari topeng Khas Cirebon ini memiliki gaya yang berbeda-beda dan telah diakui secara adat, gaya-gaya dari ari Topeng Cirebon ini lahir dan kemudian menciptaksan gaya baru, hal ini telah di teliti oleh seorang seniman yang bernama "Endo Suwanda" dan menyatakan bahwa adanya perbedaan gaya tari topeng antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya diakibatkan oleh adanya penyesuaiaan gaya dengan selera penonton dengan nilai estetika gerak tarian di atas panggung. berikut ini merupakan beberapa gaya dari Tari topeng Cirebon adalah Sebagai Berikut :

  1. Tari Topeng Cirebon Gaya Beber
  2. Tari Topeng Cirebon Gaya Celeng
  3. Tari Topeng Cirebon Gaya Cipunagara
  4. Tari Topeng Cirebon Gaya Gegesik
  5. Tari Topeng Cirebon Gaya Gujeg
  6. Tari Topeng Cirebon Gaya Kalianyar
  7. Tari Topeng Cirebon Gaya Kreyo
  8. Tari Topeng Cirebon Gaya Losarang
  9. Tari Topeng Cirebon Gaya Losari
  10. Tari Topeng Cirebon Gaya Palimanan
  11. Tari Topeng Cirebon Gaya Pakandangan 
  12. Tari Topeng Cirebon Gaya Randegan
  13. Tari Topeng Cirebon Gaya Slangit
  14. Tari Topeng Cirebon Gaya Rancang
  15. Tari Topeng Cirebon Gaya Tambi
Ke 15 Jenis gaya tersebut merupakan gaya yang memiliki perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya, akan tetapi inti dari tari topeng khas Cirebon ini tetap ada dalam seluruh gaya tersebut.

Tari Topeng Cirebon ini merupakan Warisan yang turun temurun dari nenek moyang yang di turunkan ke generasi-generasi berikutnya, dan proses pewarisan ini dilakukan dengan tetap memepertahankan adat Istiadat, dan Kepercayaan yang ada di daerah tersebut.

Untuk gerakan Tari Topeng Cirebon ini memiliki gerakan yang lemah gemulai dan mengikuti alunan musik yang didominasi oleh Kendang dan rebab alat musik ini lah yang merupakan cirikhas dari Tari Topeng Cirebon ini, dan gerakan disesuaikan dengan lakon yang diperankan oleh penari yang mengenakan Topeng. Tari topeng ini masih bisa kita jumpai di Sanggar-sanggar tari karena di sanggar-sanggar tari topeng ini masih pelajari dan dikembangkan bahkan di pentaskan pada acara-acara resmi daerah maupun pada momen tradisional lainnya bahkan pada acara pementasan Internasional yang bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya di Indonesia.

Demikian pembahasan tentang Tari Topeng Cirebon. Semoga dapat menambah Wawasan Sobat sekalian dan juga dapat memberikan pengetahuan dan ikut melestarikan warisan kebudayaan yang ada di Indonesia ini.
Terimakasih.

.

Artikel Terkait :

1. Jenis-jenis Tarian Tradisional Jawa Barat   
2. Tarian Tradisional Jawa Barat
0 Komentar untuk "Tari Topeng Cirebon"

Back To Top