adatradisi.xyz adalah sebuah blog pribadi yang memuat kebudayaan yang ada di Nusantara yang bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya masyarakat indonesia, dan juga untuk melestarikan Kebudayaan, Adat Istiadat yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Tari Merak Tarian Khas Jawa Barat

Tari Merak Tarian Khas Jawa Barat  |adat-budaya| ~ Tari Merak merupakan salah satu tarian Khas dari daerah Jawa Barat, Tarian ini di namakan Tari Merak karena memiliki Kostum yang indah dan anggun yang menggambarkan keindahan Burung Merak, bahkan  dari corak kostum yang di kenakan oleh penari ini sangat lah mirip dengan Bulu Burung merak jantan, sehingga apabila penari sedang melakukan tari merak sangatlah mirip dengan seekor burung Merak jantan yang sedang bertengger dengan memamerkan keindahan bulunya, 
Gerakan koreografinya sendiri menggambarkan tingkah laku dari Burung Merak itu sendiri.

Tari Merak ini diciptakan oleh seorang seniman yang berasal dari tanah pasundan sekitar tahun 1950-an yang bernama Raden Tjetje Somantri beliau terinspirasi oleh gerakan dan keindahan bulu Burung merak sehinnga beliau mulai merangkum gerakan dan menciptakan Kostum yang hampir mirip dengan keindahan burung Merak, dan setelah dipadukan antara gerakan-gerakan dan juga Kostum tari merak akan menghasilkan rangkaian gerak yang cantik juga keanggunan layaknya seekor Burung Merak.

Sesuai dengan pemaparan diatas, Pada Kesempatan kali ini adat-budaya akan sedikit membahas tentang Tari Merak untuk lebih jelasnya simaklah marilah kita lihat di bawah ini.


Tari Merak Tarian Khas Jawa Barat 


A. Tari Merak Tarian Khas Jawa Barat ~ Sejarah Tari Merak

Tari Merak merupakan salah satu Tarian Khas dari daerah Jawa Barat atau banyak juga yang menyebut tanah pasundan, tarian ini merupakan tarian Kreasi dari seorang seniman asal pasundan (Jawa Barat) yang bernama Raden Tjetje Somantri sekitar tahun 1950an, Sesuai dengan namanya yaitu Tari merak, tarian ini diambil dari Tingkah laku atau kebiasaan dari burung Merak yang memiliki keindahan gerak dan juga keindahan bulu yang dapat membuat orang terkagum-kagum. sehingga munculah inisiatif dari Raden Tjetje Somantri untuk menciptakan tarian yang mengimplementasikan gerakan dan juga keindahan bulu dari Burung merak tersebut. 

Seiring dengan perjalanan Waktu dan juga perubahan zaman, tari merak dari Jawa barat ini mulai mengalami beberapa perubahan, perubahan ini dilakukan oleh seniman yang bernama Dra. Irawati Durban Arjon, beliau mulai menambahkan bebrapa Koreografi kedalam gerakan-gerakan Asli dari Tari Merak tersebut, sehinnga gerakan tari merak ini semakin terlihat anggun dan cantik, dengan kostum yang tidak kalah indah nya dengan bulu dari Burung merak jantan.



B. Tari Merak Tarian Khas Jawa Barat ~ Fungsi Tari Merak.

Tari merak pada awal nya hanya di pentaskan pada acara-acara pementasan kebudayaan, namun seiring perkembangan zaman Tari merak ini mulai di gunakan sebagai tarian penyambutan dan hiburan bagi tamu yang datang, untuk lebih jelasnya mengenai Fungsi dari tari merak ini adalah sebagai berikut :


  1. Tari Merak ini biasanya digunakan sebagai persembahan untuk tamu yang hadir dalam acara resepsi pernikahan.
  2. Tari merak digunakan sebagai tarian penyambutan untuk rombongan pengantin pria ketika menuju pelaminan.
  3. Tari merak biasa digunakan sebagai tarian penyambutan tamu agung dalam sebuah acara.
  4. Sebagai sarana untuk memperkenalkan Kebudayaan Indonesia di kancah Internasional.

C. Tari Merak Tarian Khas Jawa Barat ~ Perlengkapan tari merak 

Selain rangkaian gerak yang identik dengan gerakan yang biasa dilakukan oleh burung Merak, Kostum Tari merak ini juga tidak kalah penting karena sesuai namanya yaitu Tari merak kostum yang digunakan juga harus menyerupai bulu dari burung merak itu sendiri, sehingga apabila penari yang melakukan Tari Merak ini akan terlihat anggun dan cantik, perlengkapan yang harus dipakai oleh seorang penari Tario Merak ini adalah sebagai berikut :

1. Mahkota

Mahkota atau bisajuga disebut dengan Siger merupakan hiasan yang dikenakan penari pada bagian kepala.

2. Garuda Mungkur

Garuda mungkur merupakan hiasan yang digunakan penari pada bagian kepala yang memiliki bentuk menyerupai kepala Burung Merak.

3. Sesuping

Sesuping merupakan Jenis hiasan yang digunakan penari pada bagian telinga.

4. Apok.

Apok merupakan sebuah hiasan berbentuk kain melingkar yang digunakan pada bagian  bawah leher dan menutupi bagian dada Penari.

5. Baju Bagian Atas

Baju Bagian Atas merupakan baju yang digunakan penari, baju ini memiliki hiasan yang memiliki corak dan dibuat semirip mungkin dengan Bulu Burung merak sehingga memiliki keindahan ketika dilihat.

6. Sayap.

Sayap Merupakan bagian yang penting dalam pementasan tari Burung merak karena sayap ini berfungsi untuk mendeskripsikan bahwa pakaian tersebut merupakan pakaian yang menggambarkan seekor burung Merak.

7. Sabuk.

Sabuk merupakan hiasan yang berfungsi untuk mengencangkan Kostum tari merak, sabuk ini biasanya terbuat dari kain yang di hias sesuai dengan corak baju tari merak tersebut.

8. Hiasan Bahu.

Hiasan bahu ini merupakan sebuah gelang yang digunakan pada bagian bahu yang berfungsi sebagai aksesoris dalam tari merak.

9. Gelang.

Gelang merupakan salahsatu hiasan yang digunakan pada bagian pergelangan tangan penari, dan memiliki warna yang selaras dengan kostum yang digunakan penari.

10. Rok.

Rok merupakan Kostum bagian bawah yang memiliki corak dan motif yang menyerupai bulu burung merak, akan tetapi dalam penggunaan rok ini harus di selaraskan dengan baju bagian atas.

Apabila rangkaian gerak dan juga kostum di satukan maka akan menjadikan perpaduan yang khas, indah dan akan menghibur para pengunjung yang melihat pertunjukan Tari merak tersebut.

Demikian lah sedikit pembahasan tentang Tari Merak, semoga dapat menambah wawasan kita tentang Tarian-tarian daerah Di Indonesia Khususnya Tari Merak, bagi sobat yang ingin mengetahui aoa saja tarian yang ada di daerah Jawa Barat dapat sobat kunjungi link di bawah ini.  Terimakasih, 


Artikel Terkait :

1. Jenis-jenis Tarian Tradisional Jawa Barat. 


0 Komentar untuk "Tari Merak Tarian Khas Jawa Barat"

Back To Top